Program Studi

Teknik Mesin

Sekilas Program Studi Teknik Mesin

Prodi Teknik Mesin berdiri pada 2 Maret 2016 berdasarkan SK Menteri No. 77/KPT/I/2016. Prodi Teknik Mesin memiliki 10 dosen dengan latar belakang S3 sebanyak 3 orang dan sisanya berlatar belakang S2. Kurikulum prodi Teknik Mesin mengikuti standar dari BKSTM (Badan Kerjasama Teknik Mesin Indonesia) yang berdampak kurikullum prodi Teknik mesin mengikuti standar dari kurikulum nasional yang ada. Sehingga lulusan prodi Teknik mesin setara dengan lulusan prodi Teknik mesin yang ada diIndonesia.

Profil Lulusan

Engineering Design Systems

Seorang lulusan program studi teknik mesin mempunyai kemampuan mendesain sistem,berdasarkan keilmuaan konstruksi sistem mekanik, sistem fluida, sistem yang mengalami perpindahan panas, sistem dinamika panas, sistem manufaktur, system pembangkit listrik dan sistem mekanik-elektronik.

Engineering Consultant

Seorang lulusan program studi Teknik mesin mempunya kemampuan sebagai konsultan teknik manufaktur, Teknik desain konstruksi, Teknik material, Teknik perpindahan panas, Teknik system fluida, Teknik system mekanik-elektronik, Teknik pertambangan, perpipaan, system pembangkit listrik.

Research in Engineering

Seorang lulusan program studi Teknik mesin mempunyai kemampuan melakukan penelitian dan mengembangkan penelitian secara berkelanjutan sehingga diperoleh berbagai temuan temuan teknologi bidang Teknik mesin.

Supervisor Engineering

Seorang lulusan program studi Teknik mesin mempunyai kemampuan sebagai pengawas proses manufaktur, proses system pembangkit, pengawas system engineering.

Lecturer

Seorang lulusan program studi Teknik mesin mempunyai kemampuan pemahaman teori-teori bidang Teknik mesin, yang merupakan dasar dalam pengajaran keteknik mesinan.

Technopreneur

Seorang lulusan program studi Teknik mesin mempunyai kemampuan merancang sesuatu di bidang Teknik mesin, mengembangkannya sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Bidang Minat

Teknik Manufaktur

Konversi Energi

Merupakan bidang minat yang mempelajari banyak hal tentang perancangan system manufaktur, proses manufaktur dan material proses manufaktur.

Merupakan bidang minat yang mempelajari banyak hal tentang perancangan system Konversi Energi dan proses Konversi energi

Visi

Menjadi Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Teknik Mesin Khususnya Industri Manufaktur, Yang Unggul di Tingkat Nasional di Akhir Tahun 2030

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, yang menjamin lulusan memiliki kemampuan kompetensi terkini yang sesuai dengan standar nasional untuk memenuhi kebutuhan stakeholder.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang teknik mesin khususnya industri manufaktur yang terkini.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang efektif dan berguna bagi masyarakat baik skala regional maupun nasional.
  4. Melaksanakan manajemen organisasi yang efektif, efisien dan akuntabel yang mewujudkan terciptakan atmosfer akademik yang kondusif.

Kenapa Harus Teknik Mesin?

Lulusan Teknik Mesin dibutuhkan oleh berbagai macam industri. Bidang manufaktur misalnya, perawatan dan pembaharuan mesin membutuhkan tenaga ahli teknik mesin, konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, dan material. Secara umum akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin

Informasi lebih lanjut tentang program studi Teknik Mesin silahkan kunjungi laman Teknik Mesin.

Alamat

Gedung RKB F, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo

Jl. Raya Telang, Kamal, BangkalanĀ 

Senin - Kamis08:00 - 16:00
Jumat08:00 - 16:30