Program Studi

Teknik Mekatronika

Sekilas Program Studi Teknik Mekatronika

Prodi S1 Teknik Mekatronika FT-UTM (Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura) resmi menerima ijin berdiri dari KEMENRISTEKDIKTI berdasarkan SK Nomor 77/KPT/I/2016, merupakan satu-satunya dan pertama Prodi Mekatronika jenjang S1 di Indonesia. Mekatronika merupakan integrasi dari sistem mekanik dan elektronik yang dikendalikan dengan komputer dan dimanfaatkan pada produk maupun proses produksi. Mekatronika berarti gabungan dari tiga displin ilmu antara lain mekanika, elektronika dan infromatika.

Istilah MEKATRONIKA merupakan terjemahan dari mechatronics, gabungan dari kata mechanics dan electronics. Mekatronika adalah suatu ilmu yang mengkombinasikan secara sinergis rekayasa mekanika, elektronika, dan kontrol. Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh Tetsuro Mori dari Yasakawa Electric Company, Jepang pada tahun 1969. Semenjak tahun 1982, perusahaan tersebut telah memutuskan untuk melepas haknya atas kata mechatronics, sehingga sejak saat itu pula kata tersebut dipakai secara luas. Pada awal perkembangannya, mekatronika hanya mencakup unsur mekanika dan elektronika saja. Dengan ditemukannya mikroprosesor pada tahun 1980an, keilmuan mekatronika menjadi lebih maju dan berkembang. Mekatronika kemudian didukung oleh disiplin ilmu lain diantaranya: embedded system yang memberikan nuansa hardware programming yang menghubungkan mekanik dan elektronik, juga control system yang memberikan kecerdasan buatan kepada sistem tersebut.Ā 

Profil Lulusan

Operator Otomasi Industri

Engineering Otomasi Industri

Sebuah bidang pekerjaan yang memiliki kesempatan pada perusahaan untuk mengoperasikan peralatan atau mesin-mesin otomatis, sistem otomasi industri terintegrasi dengan komputer super canggih dan modern.

Mendesain dan membangun produk baru secara utuh dengan mengintegrasikan berbagai teknologi, contoh : sistem parkir otomatis untuk pusat perbelanjaan, mesin selam, drone pengintai.

Bidang Minat

Robotika

Kontrol Cerdas

Otomasi Industri

Bidang yang berkaitan dengan desain, konstruksi, operasi, dan penggunaan robot. Robotika mencakup berbagai aspek teknologi, ilmu komputer, rekayasa, dan ilmu lainnya untuk menciptakan sistem-sistem yang mampu berinteraksi dengan lingkungan fisik dan tugas-tugas tertentu dengan tingkat otonomi yang bervariasi.

Mengacu pada studi dan pengembangan teknologi yang berkaitan dengan sistem kontrol yang cerdas atau pintar. Sistem kontrol cerdas memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, algoritma optimisasi, dan sensor untuk mengendalikan dan mengelola sistem fisik atau proses dengan lebih efisien, adaptif, dan otonom.

Fokus pada penggunaan teknologi dan sistem otomatis untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, keamanan, dan pengelolaan dalam lingkungan industri. Otomasi industri melibatkan integrasi perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengontrol proses produksi, mengumpulkan dan menganalisis data, serta mengambil keputusan secara otomatis atau semi-otomatis.

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Mekatronika yang unggul melalui pendidikan dan riset berdasarkan potensi lokal di bidang keilmuan mekatronika pada tahun 2026

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi mekatronika sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  2. Melakukan penelitian terkait keilmuan mekatronika untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait potensi lokal Madura.
  3. Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian di bidang mekatronika dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Kenapa Harus Mekatronika?

Dari sejak pertama kali muncul istilah mekatronika tahun 1969Ā  oleh insinyur Yaskawa Electric Corporation dari Jepang hingga saat ini perkembangan ilmu mekatronika sudah sangat pesat. Hampir semua bidangĀ  mengimplementasikan prinsip-prinsip ilmu mekatronika.

Menyambut dunia industry 4.0 dan artificial intelligence, aplikasi mekatronika diyakiniĀ  akan merambah ke hampir semua bidang. Dunia modern akan selalu membutuhkan teknik mekaronika, sehingga di masa mendatang keterampilan dan keahlian dibidang mekatronika akan menjadi favoritĀ  dibanyak bidang. Tidak hanya produk-produk manufaktur tetapi mikrokontroler juga akan dimanfaatkan sebagai pusat pengendali hampir untuk berbagai komponen.

Informasi lebih lanjut tentang program studi Teknik Mekatronika silahkan kunjungi laman Teknik Mekatronika

Alamat

Gedung RKB F, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo

Jl. Raya Telang, Kamal, BangkalanĀ 

Senin - Kamis08:00 - 16:00
Jumat08:00 - 16:30