Program Studi

Teknik Industri

Sekilas Program Studi Teknik Industri

Prodi Teknik industri mempersiapkan lulusan yang berkompeten untuk memanfaatkan sumber daya manusia, peralatan, material, informasi, dan energi dengan mengikuti standar dan peraturan keselamatan untuk mencapai manfaat yang maksimal. Sehingga, lulusan prodi Teknik Industri mampu memperbaiki atau merancang proses produksi atau bisnis yang lebih efisien.

Prodi Teknik Industri berdiri sejak tahun 2001, dan berhasil memperoleh Akreditasi B berdasarkan SK 1362/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019. Saat ini, Prodi Teknik Industri memiliki 21 Tenaga Pengajar dengan berbagai bidang peminatan seperti rantai pasok, optimasi, sistem, kualitas, ergonomi dan sistem produksi yang siap mencetak sarjana Teknik Industri yang profesional.

Profil Lulusan

Kompetensi

Memiliki kompetensi kognitif, psikomotorik, afektif, dan kooperatif, dalam penguasaan dan penerapan bidang ilmu Teknik Industri

Kepribadian

Memiliki kepribadian yang unggul, berjiwa mandiri dalam menjalankan profesinya dan mempunyai wawasan kewirausahaan yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan Masyarakat

Pengembangan Ilmu

Mampu melakukan pengembangan ilmu Teknik Industri serta kemampuan diri yang relevan dengan pemecahan permasalahan di masyarakat secara keberlanjutan.

Bidang Minat

Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja

Manajemen Industri

Rekayasa Sistem dan Pengambilan Keputusan

Sistem Manufaktur

Mempelajari hal-hal terkait teknik-teknik dan analisa dalam perancangan dan perbaikan sistem kerja tersebut berdasarkan prinsip-prinsip pengaturan cara kerja dan pengukuran waktu kerja.

Mempelajaripendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis.

Mempelajari pengembangan sistem dengan mempertimbangkan aspek-aspek rekayasa sistem dan menggunakan metode-metode pengambilan keputusan yang terbaik untuk mencapai hasil yang optimal.

Mempelajari perancangan dan pengembangan sistem produksi dan manufaktur yang digunakan di berbagai industri.

Visi

Menjadi Prodi Teknik Industri yang unggul dalam bidang riset berbasis pengembangan 6 sektor potensi lokal Madura dan pencetak sarjana teknik industri yang professional

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan dengan mengedepankan profesionalisme.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan keilmuan di bidang Teknik Industri dan aplikasinya terutama dalam pengembangan potensi lokal.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menitikberatkan pada pengembangan potensi lokal.

Kenapa Harus Teknik Industri?

Prodi Teknik Industri UTM akan menawarkan:

  1. Proses pembelajaran berbasis pada 6 Sektor potensi lokal Madura yang dilakukan tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium, tetapi juga di industri manufaktur dan jasa, lembaga riset, pengabdian masyarakat dan pedesaan
  2. Lulusan sarjana teknik industri yang tangguh, adaptif, dan sesuai dengan tantangan kebutuhan era revolusi industri 4.0 dan menghadapi Society 5.0 serta siap menjadi pemimpin di masa depan dengan semangat kebangsaan yang tinggi
  3. Kompetensi lulusan, baik keterampilan non-teknis (soft skills) maupun teknis (hard skills), sehingga lulusan lebih siap dan selaras dengan tantangan kebutuhan era revolusi industri 4.0. dan menghadapi Society 5.0.

Informasi lebih lanjut tentang program studi Teknik Industri silahkan kunjungi laman Teknik Industri.

Alamat

Gedung RKB F, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo

Jl. Raya Telang, Kamal, BangkalanĀ 

Senin - Kamis08:00 - 16:00
Jumat08:00 - 16:30