• Kampus Megah UTM Semegah Sumber Daya Yang Dicetak Untuk Bangsa.

    Kampus Megah UTM Semegah Sumber Daya Yang Dicetak Untuk Bangsa.

    Wednesday, 03 September 2014 14:59
  • Pimpinan Fakultas Teknik Membulatkan Tekad Demi Kemajuan UTM.

    Pimpinan Fakultas Teknik Membulatkan Tekad Demi Kemajuan UTM.

    Wednesday, 03 September 2014 15:02
  • Salah Satu Prestasi Internasional Berhasil Diraih Oleh Mahasiswa Fakultas Teknik.

    Salah Satu Prestasi Internasional Berhasil Diraih Oleh Mahasiswa Fakultas Teknik.

    Wednesday, 03 September 2014 15:03

Pengumuman

Yudisium dan Pertemuan IKOMA FT

 

Hari/Tanggal : Rabu/17 September 2014

Jam              : 13.00 WIB

Statistik Pengunjung

244705
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
129
329
2490
236475
7479
8353
244705

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik

 

  1. UKMFT ITC (Information Technology Center)

Pada mulanya UKMF ITC adalah sebuah kelompok mahasiswa yang berkumpul  untuk mempelajari mengenai komputer sehingga kelompok itu menyebut dirinya dengan “Kelompok Pengguna Komputer (KPK)”. Mereka sering berkumpul untuk bersama-sama belajar tentang komputer. Karena mereka merasa perlu adanya status yang jelas mengenai kedudukan perkumpulan tersebut di dalam kampus, terutama dalam menampung bakat minat mahasiswa fakultas teknik tentang teknologi informasi, akhirnya mahasiswa yang tergabung dalam KPK tadi sepakat membentuk sebuah wadah resmi yang kemudian berkibar dengan nama “Information Technology Center (ITC)” yang lahir tepat tanggal 05 Oktober 2002. Hingga saat ini jumlah mahasiswa yang tergabung dalam ITC sudah mencapai kurang lebih 565 orang.

       Tidak terasa sudah 8 tahun lebih ITC berjalan, banyak warna yang telah diberikan untuk kampus tercinta ini, terutama di lingkungan teknik sendiri dalam mewadahi bakat minat mahasiswa. Anggotanya pun telah banyak bertebaran di lingkungan teknik maupun kampus dan telah banyak memberikan kontribusi terhadap pengembangan wacana mahasiswa terhadap keilmuan, banyak pula diantara anggota ITC yang menjabat suatu struktur organisasi berada dalam jabatan yang strategis , hal ini bisa dilihat didalam struktur organisasi BEM, DPM / DPMF, HMJ, UKM / UKMF, maupun KABINET. Tidak cukup sampai disitu, bahkan ada beberapa anggota ITC yang sekarang dipercaya menjadi asisten oleh para dosen dan administrator laboratorium Komputer.

  1. UKMFT TOFATEK (Tim Olah Raga Fakultas Teknik)

UKMF ini berdiri pada 17 Maret 2002, masih dapat terbilang mudaseiring dengan perkembangan zaman kampus kita tercinta. Bukan hal yang amat mudah menanamkan sosialisasi dan solidaritas dalam sebuah kepekaan yang berkembang pada tahun itu. Tapi Komunitas Mahasiswa yang awalnya di barengi dengan Ngopi bareng atau PS-an bareng mulai memunculkan ide untuk membentuk sebuah organisasi Olahraga baru di Jagat Teknik. Hal ini langsung menjadi berita yang BOOMING, apalagi pada saat itu UTM masih menjadi kampus yang tertatih-tatih untuk berdiri dan mengembangkan nafasnya dalam persaingan kancah Universitas. Namun, berkat kegigihan dan keuletanlah yang melahirkan UKMF TOFATEK ini berdiri. Walaupun awalnya Antara Aan Mahardika (Pitek), Cimeng dan kawan-kawan Industri dan Informatika yang waktu itu ikut berpartisipasi masih bingung dengan nama UKMF ini yang di reobsir dengan TITEK (Tim Teknik) dan akhirnya mejadi TOFATEK (Tim Olahraga Fakultas Teknik) yang manjadi kesepakatan bersama.

  1.  UKMFT  SAINT ( Sarana Informasi Teknik)

Saint Adalah singkatan dari Sarana Informasi dan Teknologi merupakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang didirikan diBangkalan pada tanggal 21 maret 2002. LPM SAINT bertempat di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo. LPM SAINT merupakan lembaga jurnalistik di Fakultas Teknik dan memiliki hubungan struktural koordinatif dengan BEM Teknik.
SAINT berasaskan gotong royong dan kekeluargaan yang bersifat Independent.

Dengan visi “profesionalisme pers dalam pendidikan” dan misi “Menformasi wacana pendidikan melalui tradisi jurnalisme serta mendesiminasi wacana melalui pergulatan pemikiran”,

  1. UKMFT EECOM (English Engineering Community)

Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi internasional, sehingga menjadi salah satu kebutuhan yang penting guna mewujudkan skill yang dapat bersaing secara internasional.

           Universitas Trunojoyo adalah salah satu universitas negeri yang dipercayai oleh pemerintah untuk menghasilkan skill kompeten yang memiliki daya saing tinggi secara nasional maupun internasional. karena itu fakultas teknik Universitas Trunojoyo merasa berkewajiban untuk berperan aktif guna bersama meningkatkan mutu Output yang akan dihasilkan.

          Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka sangat perlu dibentuk suatu wadah yang dapat menghimpun mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo dan menjadi sarana bagi pengembangan dan pembinaan Integritas pribadi yang profesional..

           Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pada hari Minggu, 10 Oktober 2004 atas berkat rahmat Yang Maha Kuasa maka dibentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Engineering English Community (EECOM)

           EECOM sebagai organisasi kemahasiswaan intra kampus, merupakan organisasi struktural dibawah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo yang menaungi segenap aktifitas mahasiswa dalam pengembangan pengetahuan dibidang Bahasa Inggris.

  1.  UKMFT SOKET (Studi Otomasi dan Kendali Trunojoyo)

SOKET merupakan UKMFT (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik) ke-5 di Universitas Trunojoyo, yang mewadahi minat bakat mahasiswa dalam bidang elektronika dan mekanika (Robotika), berdiri di Universitas Trunojoyo.

SOKET berdiri sejak tahun 2004 yang diprakarsai oleh:

Taufik Hidayat (Ketua umum pertama SOKET (IF.2005/2006))

Mahrus Ali

Andi P

Andika

Dicky dkk

yang memiliki kesamaan minat dibidang elektronika dan robotika

  1.  UKMFT BLUE MURDER

Generasi muda merupakan pewaris tongkat estafet kepemimpinan bangsa di masa mendatang, oleh karena diperlukan sebuah wadah yang nantinya mampu mengakomodir setiap minat dan bakat yang dimiliki. Seiring pesatnya kemajuan teknologi dimasa sekarang, membuat kaum intelektual muda memiliki rasa untuk terus memompa dan mengembangkan diri mereka masing-masing. Hal ini memacu daya fikir dan kreativitas mereka dalam mewujudkan dan mensejajarkan diri terhadap era yang terus berkembang pesat.

Dalam proses pengembangan diri ini, kaum intelektual muda Mahasiswa Fakultas Teknik Univ.Trunojoyo memiliki inisiatif pengembangan diri disektor minat dan bakat yang khususnya adalah pengembangan dibidang seni.

Seni merupakan hal yang tidak pernah habis dimakan zaman dan akan terus berkembang dan berjalan seiring berjalannya kehidupan manusia. Selain itu, seni yang merupakan hal lahiriah dimiliki manusia sejak lahir yang mampu memberikan andil dalam proses manusia menetukan masa depan mereka. Banyak hal yang dapat diraih dan diwujudkan kaum intelektual kita saat ini bahkan dimasa yang akan datang baik prestasi dibidang akademik maupun prestasi non akademik yang sedikit banyak terbantu oleh kehadiran seni itu sendiri. Menilik dari kutipan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa seni (musik, tari, theater) mampu memberikan hal positif bagi kaum inteletual dalam meniti dan mencapai masa depan mereka.

Melihat begitu pentingnya seni dikehidupan sehari-hari, maka Mahasiswa Fakultas Teknik Univ. Trunojoyo yang tergabung dalam “BLUE MURDER” memiliki inisiatif untuk mendirikan wadah dibidang seni khusus bagi Mahasiwa Fakultas Teknik. Pendirian organisasi ini selain didasari oleh pentingnya seni dalam kehidupan sehari-hari juga didasari bahwa sampai saat ini Fakultas Teknik Univ. Trunojoyo masih belum ada lembaga khusus yang mampu menjadi wadah pengembangan minat dan bakat Mahasiwa Fakultas Teknik dibidang seni (musik, tari, theater).

  1. UKMFT INOVASI

UKMF Inovasi adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa Universitas Trunojoyo yang berada dalam ruang lingkup fakultas teknik yang bergerak di bidang penemuan-penemuan dan ide-ide kreatif..

         Inovasi adalah suatu wadah bagi mahasiswa fakultas teknik untuk menampung semua ide-ide kreatif dan mampu memiliki solusi yang efektif untuk memecahkan suatu masalah. UKM yang baru berdiri ini telah mampu eksis dalam kehidupan kampus maupun masyarakat luas. Inovasinya telah sedikit banyak memberi sumbangan bagi kehidupan menuju kearah yang lebih baik.

  1. UKMFT KAMUS FT (Keluarga Muslim Fakultas Teknik)

KAMUS FT merupakan unit kegiatan mahasiswa yang sifatnya religius dan bernuansa islam.

Kalender

June 2017
Mo Tu We Th Fr Sa Su
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2

Categories

Kategori Konten :

 

  • Berita
  • Akademik
  • Kemahsiswann
  • Prestasi
  • Pengumuman